Rinosinusitis, Gangguan Pada Hidung

071119170153-largeHidung mempunyai peranan penting bagi tubuh manusia terutama dalam fungsi penciuman dan pernapasan. Sama seperti bagian tubuh lainnya, hidung juga tidak luput dari berbagai penyakit. Salah satu gangguan seputar hidung adalah sinusitis. Meskipun sebagian besar tidak membahayakan namun dapat mempengaruhi dan mengganggu kualitas hidup.

Sinusitis adalah suatu peradangan pada sinus (rongga) yang terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri maupun jamur. Umumnya gangguan pada sinus hampir selalu berhubungan dengan gangguan hidung, sehingga kini lebih dikenal dengan istilah rinosinusitis.

Berdasarkan klasifikasi terbaru dari AAAI (American Academy of Allergy, Asthma and Immunology), rinosinusitis terbagi menjadi 2 golongan :

1. Rinosinusitis Akut
Ciri-ciri : gangguan ini berlangsung kurang dari 12 minggu. Biasanya terjadi 4 kali dalam setahun. Tapi biasanya, setelah diterapi selaput pada hidung bisa kembali normal

2. Rinosinusitis Kronis
Ciri-cirinya : Gangguan ini berlangsung lebih dari 12 minggu. Dalam setahun bisa terjadi 4 kali dan selaput atau mukosa tidak dapat kembali normal.

Penyebab

Penyebab rinosinusitis bisa bermacam-macam. Pada rinosinusitis biasanya disebabkan oleh penyakit asma, alergi dan gangguan sistem kekebalan atau kelainan sekresi maupun pembuangan lendir.

Sementara rinosinusitis akut, dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, jamur, peradangan menahun pada saluran hidung, penyakit tertentu seperti gangguan sistem kekebalan dan kelainan sekresi lendir.

Gejala

Gejala khas kelainan pada sinus adalah sakit kepala yang dirasakan ketika penderita bangun pada pagi hari. Sementara gejala lainnya adalah demam, rasa letih, lesu, batuk dan hidung tersumbat ataupun berlendir.

Gigi berlubang juga dapat menyebabkan sinusitis terutama jika lubang terdapat pada gigi geraham atas. Akar pada gigi geraham atas dapat menembus sampai ke dasar sinus maksilaris sehingga infeksi pada gigi dapat menjalar ke rongga sinus.

Pengobatan

Biasanya penderita sinusitis akan diberikan obat berupa antibiotik untuk mengendalikan infeksi bakteri dan pereda rasa nyeri. Terapi obat ini dilakukan minimal 2 minggu. Untuk mengurangi penyumbatan dan peradangan, bisa juga diberikan obat semprot hidung yang mengandung streoid atau dekongestan.

Jika dalam 2 minggu perawatan dengan terapi obat tidak membaik, maka harus dilakukan foto rontgen sinus atau CT Scan untuk melihat perluasan penyakitnya.

Sebagai tambahan ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa tidak nyaman tersebut, seperti :

* Tinggal di dalam ruangan dengan temperatur yang sama
* Menghirup uap dari semangkok air panas
* Obat semprot hidung yang mengandung larutan garam
* Kkompres hidung di daerah sinus yang mengalami gangguan
* Hindari posisi membungkuk dengan kepala tertunduk, karena gerakan ini bisa meningkatkan rasa sakit
*

Banyak minum cairan untuk membantu melarutkan lendir.

Sumber: conectique.com

6 Tanggapan

  1. SAYA SUDAH LAMA ALERGI DEBU N UDARA DINGIN, N SUDAH BEBERAPA KALI KE ALTERNATIF BAHKAN SECARA MEDIS PUN SUDAH DICOBA DENGAN CARA DISEDOT,TAPI MASIH SAJA NYUMBAT,SAMPAI KEPALA SAKIT BANGET..PENGOBATAN APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN??
    THANXS

  2. Anda menderita alergi, yg anda lakukan sudah benar tp selain itu perlu anda perhatikan juga rumah anda..Apakah sudah memiliki ventilasi yang baik, dalam hal ini kamar tidur ataupun ruangan di rumah harus ada lubang angin/ ventilasi di atas jendela atau pintu. karena sirkulasi udara yang baik dan bersih sangat membantu mengurangi frekwensi terjadinya kekambuhan. Selain itu perlu peningkatan ketahan tubuh dalam hal ini stamina dgn cara berolah raga secara rutin semingggu minimal 3 kali durasi minimal 30 menit. kondisi tubuh yang sehat bs membantu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mengurangi terjadinya alergi.
    Selain yg telah saya sebutkan td di atas sudah pasti anda harus menghindari faktor alergen seperti debu dan udara dingin. Anda juga bisa mencoba air rebusan kacang ijo, yg ini ada beberapa pasien yg mencoba dan berhasil namun blm ada litelatur ataupun penelitian tentang ini. Slamat mencoba

  3. keponakan saya menurut dokter THT hidungnya terserang bakteri, sehingga jaringan selaputnya menipis dan hrs dioperasi (jaringan yg menipis diganti tulang iga).
    Apakah penyakit ini termasuk sinusitis?
    Apakah penyakit ini harus di operasi?

  4. Sinusitis adalah suatu peradangan pada sinus yang terjadi karena alergi atau infeksi virus, bakteri maupun jamur. Gejala khas dari kelainan pada sinus adalah sakit kepala yang dirasakan ketika penderita bangun pada pagi hari.
    sinusitis bisa disebabkan oleh bakteri namun bakteri yg menginfeksi daerah hidung belum tentu menyebabkan sinusitis, sejauh literatur yg saya baca komplikasi sinusitus yaitu sakit kepala yg hebat, untuk penipisan jaringan akibat bakteri mungkin bkn krn komplikasi sinusitis bisa saja karena bakteri jenis lain yg mengakibatkan hal tersebut. mohon maaf bila ada kekurangan

  5. saya usia 33 tahn sering mengalami hidung tersumbat sebelah,dada sebelah kiri sakit dan sesak napas di dada.bagaimana pengobatannya dan penyakit apa yg saya derita ini.mohon penjelasannya.trims

  6. asslm. jika memang hidung tersumbat dikarenakan oleh perubahan cuaca (dingin,hujan) berarti anda memang alergi terhadap perubahan cuaca, rhinitis alergika. rasa sesak didada dan nyeri disebelah kiri terutama saat sedang aktivitasbaik minimal ataupun berat, bisa jadi ada gangguan di jantung saudara, walaupun memang butuh pemeriksaan secara langsung dan pemeriksaan laboratorium dan rontgen. Anda perlu istirahat dengan berbaring jika haltersebut terjadi dan segera konsultasikan ke dokter jantung jika rasa nyeri dada dirasakan lebih dari satu kali dlm seminggu.
    smoga membantu.wassalm.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: