Bayi Kembar

Bagaimana Terjadinya Bayi kembar?

Kira-kira dua pertiga bayi kembar adalah fraternal, artinya bayi berasal dari dua sel telur, masing-masing dibuahi oleh sperma yang berbeda. Kedua bayi berbagi hubungan genetik yang sama seperti halnya kakak laki-laki atau perempuannya. Keduanya bisa sama atau berbeda satu sama lain dan mungkin tidak sama kelaminnya. Karena kedua bayi diawali dari dua embrio yang berbeda, masing-masing kembar fraternal memiliki kantung ketuban dan plasenta masing-masing. Fakta ini kadang-kadang digunakan pada saat persalinan untuk menentukan apakah kembar fraternal atau identik. Namun tidak selalu dapat ditentukan, karena plasenta dapat tercampur bersama selama kehamilan, membuat keduanya nampak seperti satu.
Kembar identik berasal dari bersatunya satu sel telur dan satu sel sperma, yang segera sesudah pembuahan terpisah jadi dua. Kedua bayi kembar ini mempunyai cirri-ciri dan jenis kelamin yang sama. Sekitar 25% adalah “ mirror twins,” artinya beberapa cirri identik mereka ada pada tempat kebalikannya, sehingga masing-masing anak merupakan cerminan dari kembarannya. Kembar identik biasanya memiliki kantung ketuban yang terpisah, tetapi berbagi plasenta yang sama. Meskipun kadang-kadang ada 2 plasenta, namun jarang sekali kembar yang hanya mempunyai satu ketuban dan satu plasenta. Kembar tiga juga dapat identik, dengan satu sel telur terpisah menjadi tiga embrio. Namun, lebih sering kembar tiga berasal dari sel-sel telur yang terpisah atau sebagai dua sel telur, salah satunya terpisah membentuk embrio ketiga. Jika hal ini terjadi, dua
bayi kembar identik dan yang ketiga bayi fraternal. Kembar lainnya yang lebih banyak seperti kembar empat dan kembar lima dapat
terbentuk dengan cara yang sama.

FAKTA ATAU FIKSI ?

“ Kembar selalu muncul pada generasi berikutnya.”
“Kembar bersal dari pihak ayah” Tidak satu pun dari kepercayaan ini yang benar. Masing-masing generasi dari keluarga tertentu memiliki peluang yang sama untuk melahirkan bayi kembar. Dan, meskipun latar belakang genetik ayah tidak ada pengaruhnya. Peluang Anda akan bertambah jika dalam silsilah keluarga ada bayi kembar. Jika Anda sudah pernah melahirkan kembar fraternal, maka peluang Anda untuk memperoleh bayi kembar
fraternal lagi adalah empat kali. Peluang untuk hamil kembar meningkat dengan bertambahnya umur, berat, dan tinggi serta lebih besar dengan setiap kehamilan yang berturutan. Perasaan Sedih Berkaitan dengan Bayi ( Baby Blues ) “Saya tidak dapat menjelaskan pada suami saya apa yang saya rasakan.

Ketika rasa sedih melanda, saya berikan bayi padanya dan meminta pengertiannya. Namun tentu saja akan terasa lebih enak jika ia melingkarkan lengannya ke bahu saya.” Sekitar 50 sampai 80 persen ibu-ibu muda mengalami “ baby blues “. Biasanya dimulai pada hari kedua atau ketiga setelah bayi lahir dan berakhir tidak lebih dari 10 hari kemudian.Gejala-gejalanya meliputi

  • menangis.
  • perubahan perasaan.
  • cemas.
  • kesepian.
  • penurunan nafsu seks.
  • khawatir mengenai sang bayi.
  • kurang percaya diri mengenai kemampuan menjadi seorang ibu.

PENCEGAHAN

Apa yang harus dilakukan

  • Pencegahan baby blues dimulai pada saat masih hamil.
  • Rawat diri Anda. Menu makan yang seimbang, olahraga, dan

Istirahat penting untuk mencegah dan mengurangi perubahan perasaan. Otak Anda dikontrol oleh sejumlah bahan kimia dan hormonal yang  produksinya tergantung pada persediaan darah dan oksigen serta zat nutrisi. Cara yang paling efektif untuk produksi hormon tersebut adalah olahraga yang akan merangsang peredaran darah ; istirahat, yang membuat tubuh Anda memperbaiki bagian yang rusak dan memulihkan kembali energi; dan nutrisi yang baik, yang memberikan apa yang dibutuhkan oleh sistem saraf pusat untuk menjaga keseimbangan emosional yang sehat. (Lanjutkan makan vitamin yang dikonsumsi selama hamil selama beberapa bulan berikutnya supaya Anda memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan).

RASA NYAMAN

Apa yang harus dilakukan :

  • Banyak istirahat. Mintalah bantuan keluarga, tetangga, teman atau pembantu untuk menjaga bayi Anda sementara Anda tidur siang.
  • Setiap hari cobalah berekreasi. Rencanakan acara keluar bersama bayi Anda, atau mintalah keluarga untuk menjaga si kecil sementara Anda pergi berbelanja, jalan-jalan, mengikuti senam, atau pergi makan malam keluar berdua dengan suami.
  • Makanlah makanan dengan menu seimbang. Termasuk banyak padi-padian, produk susu, buah-buahan dan sayur segar, serta makanan yang kaya akan protein seperti ikan, ayam, sapi, keju dan polong-polongan.
  • Mintalah dukungan. Beritahu pasangan mengenai apa yang Anda rasakan dan mintalah pertolongan dan dukungannya. Ikuti perkumpulan
    ibu-ibu, atau jalin persahabatan dengan ibu-ibu muda lain di kantor
    Anda.
  • Percaya diri. Ingat bahkan tanpa pengalaman, banyak orangtua baru melakukan apa yang benar untuk bayi mereka. Apa yang harus Dihindari
    Hindari terlalu menganalisa perasaan Anda. Baby blues adalah peristiwa normal.
  • Hindari mencoba melakukan semua yang Anda lakukan seperti sebelum bayi Anda lahir. Pikirkan beberapa saat sebelum memberikan perintah pada orang lain.
  • Hindari mengucilkan diri dari keluarga dan teman-teman. Anda perlu waktu pribadi, namun juga perlu dukungan dan persahabatan.

SEPATAH KATA UNTUK AYAH MUDA

Jika Anda seorang ayah muda yang istrinya mengalami baby blues, Anda mungkin merasa bingung akan apa yang harus Anda lakukan. Sulit bagi Anda untuk memahami bagaimana seorang wanita dengan seorang bayi cantik ditangannya dapat menjadi sedemikian sedih dan cengeng. Anda mungkin mencoba menasihatinya, mengajak bercanda atau membiarkan ia menangis, namun tak satu pun yang dapat menolong. Apa yang dibutuhkan istri Anda adalah limpahan cinta kasih dan dukungan serta pengertian- bahkan meskipun Anda tidak sungguh-sungguh mengerti.Baby blues seringkali menyebabkan kecemasan dan kesepian, tapi dapat pula disebabkan oleh perasaan cemas dan kesepian. Banyak ibu-ibu muda merasa tidak yakin akan kemampuan mereka mengasuh bayi yang baru lahir dan mereka seringkali sangat sensitif terhadap komentar yang mereka anggap sebagai kritik terhadap cara mereka merawat sang bayi. Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk istri Anda adalah membiarkan ia mengetahui bahwa Anda selalu siap membantunya. Cobalah agar istri Anda mendapatkan istirahat dan rekreasi yang ia butuhkan dan yang paling penting, tunjukkan padanya bahwa Anda sayang dan peduli padanya. Oh! Dan jangan terkejut jika Anda merasa sedikit sedih pula. Hal ini terjadi pada banyak ayah muda. Jika hal ini terjadi pada diri Anda, ikuti nasihatyang sama yang saya berikan untuk istri Anda. Depresi pada Masa Nifas :
Ketika Lebih dari Perasaan Sedih Depresi pada masa nifas atau depresi postpartum (PPD) adalah istilah untuk sindrom kesalahpahaman yang sangat parah. Para ahli sangat tidak setuju dengan definisi ini, maka saya tidak akan mencoba mendefinisikannya untuk Anda. Namun saya akan memberitahu Anda bagaimana mengenalinya, apa yang harus dilakukan jika mengalami hal tersebut.

Gejala-gejala PPD meliputi :

  • Sulit tidur, bahkan ketika bayi Anda sudah tidur.
  • Kehilangan nafsu makan.
  • Perasaan tidak berdaya atau kehilangan kontrol.
  • Terlalu cemas atau tidak perhatian sama sekali pada bayi.
  • Tidak menyukai atau takut menyentuh bayi.
  • Pikiran yang menakutkan mengenai bayi Anda.
  • Sedikit atau tidak ada perhatian terhadap penampilan pribadi.
  • Gejala fisik, seperti kesulitan bernapas atau perasaan berdebar-debar.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, Anda harus memberitahu suami Anda, bidan/dokter dan pelatih persiapan persalinan, mengenai apa yang Anda rasakan. Jika ditemukan sejak dini, penyakit ini dapat disembuhkan dengan obat-obatan dan konseling. Jika depresinya sangat berat atau jika depresinya berkepanjangan, mungkin Anda perlu dirawat di rumah sakit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: